Perusahaan Dengan Teknologi Termahal yang ada di Dunia
Perusahaan konsultasi Brand Finance baru saja merilis daftar perusahaan dengan nilai merek paling mahal pada 2018.
Ada beberapa hal yang dijadikan indikator dalam memilih
perusahaan bernilai merek termahal. Mengutip Business Insider Singapore, Rabu
(7/2/2017), indikator tersebut antara lain adalah investasi untuk marketing,
investasi stakeholder, dan performa bisnis.
Brand Finance memilih 500 merek dengan nilai paling mahal
dan terbanyak berasal dari dunia teknologi. Berikut adalah lima perusahaan
teknologi dengan nilai merek termahal di dunia.
5. Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia yang
kini telah dipakai oleh lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Jejaring
sosial besutan Mark Zuckerberg ini sudah berusia 14 tahun.
Tahun ini, nilai merek Facebook ditaksir mencapai US$ 89,7
miliar atau setara Rp 1.212,1 triliun. Angka ini naik 45 persen dibandingkan nilai
merek Facebook tahun lalu.
Posisi Facebook juga naik sebagai merek paling mahal. Tahun
lalu, Facebook ada di urutan ke-9 dan tahun ini nilai merek Facebook berada di
urutan ke-5.
Menurut laporan, peningkatan nilai merek Facebook salah
satunya disebabkan karena adanya dominasi pada konten digital yang ada di
platform tersebut.
Baca juga: Profil dan Biodata Lengkap Boris Bokir, Komika yang Banyak Membintangi Film
4. Samsung
Perusahaan teknologi asal Korea Selatan Samsung memiliki
nilai merek yang cukup mahal, yakni US$ 92,3 miliar atau setara Rp 1.247,2
triliun atau naik 39 persen dibandingkan 2017.
Tahun lalu, Samsung berada di urutan keenam sebagai
perusahaan teknologi paling mahal dan kini menempati posisi ke-4. Naiknya
posisi Samsung mengindikasikan perusahaan kian mengukuhkan posisinya di dunia.
Berbagai produk yang diluncurkannya antara lain adalah
smartphone Android Galaxy, tablet, televisi, home appliances, produk keamanan
rumah, dan lain-lain.
3. Google
Google harus berpuas diri lantaran nilai mereknya turun dibanding
tahun lalu. Perusahaan internet yang bermarkas di Mountain View, California ini
tahun lalu merupakan pemegang merek termahal di dunia.
Kini Google harus puas berada di posisi 3 dengan nilai
valuasi US$ 120,9 miliar atau setara Rp 1.633,7 triliun. Angka ini turun 10 persen
dibandingkan tahun lalu.
Menurut laporan yang dipublikasikan, nilai merek Google
turun lantaran perusahaan tidak fokus pada sektor lain selain pencarian dan
teknologi komputasi awan.
2. Apple
Apple tetap berada di posisi kedua sebagai merek termahal. Kendati begitu, nilai mereknya naik 37 persen dibandingkan tahun lalu, yakni US$ 146,3 miliar atau setara Rp 1.977 triliun.
Masih dari laporan yang sama, setidaknya dua pertiga
pendapatan Apple berasal dari penjualan iPhone. Hal ini merupakan salah satu
alasan Apple bertahan di posisi kedua sebagai merek paling mahal.
1. Amazon
Nilai merek Amazon meroket 42 persen dibandingkan tahun
lalu. Pada tahun ini nilai merek Amazon ditaksir US$ 150,8 miliar atau setara
Rp 2.037,8 triliun.
Tahun lalu, Amazon berada di peringkat ketiga sebagai merek
termahal. Amazon menggusur posisi Google yang sebelumnya bertengger di posisi
pertama.
Berdasarkan laporan yang dipublikasikan, Amazon merupakan bisnis
online terbesar jika dilihat secara kapitalisasi pasar dan pendapatan.
Tak hanya sebagai platform retail online, Amazon juga
merambah bisnis lain seperti infrastruktur cloud, elektronik, serta musik dan
video streaming.
Komentar
Posting Komentar